Monday, September 28, 2009

Trauma Center...

Mungkin beberapa dari lo tau... salah satu sohib gua yang nyaris gak pernah ketinggalan kalo gua lagi kuliah adalah Nintendo DS... yah soalnya NDS ni tu satu2nya console game portable yang gua punya... n salah satu game yang paling sering gua maenin tuh Trauma Center... ni game tuh tentang dokter2an yang ngelakuin operasi gitu deh... pokoknya seru n bisa lo coba sendiri...

Walopun gua seneng maen operasi2an... tapi gua paling anti sama yang namanya operasi... tapi malang gak bisa ditolak susah datang belakangan... akhirnya gua mengalami operasi pertama gua belom lama ini...

Salah satu bagian tubuh gua yang paling lemah tuh idung gua... udah brapa kali gua ngalamin penyakit yang sama n berulang2 tentang idung gua ini... ya sesek napas lah... pilek ga sembuh2 lah... n gua juga udah coba buat pegi kemana2 buat ngerombak idung gua ni biar jadi idung mikael jeksen... halah ya nggak lah...

Akhirnya kira2 hari selasa kemaren gua ma nyokap n 2 sodara gua terbang ke singapur buat berobat... yang berobat gua doank seh... mereka maen2... hari selasa gua sampe gua ga langsung ke rumah sakit... hari ni gua masih bisa santai2 n ketemu temen2 gua yang selama ni berdomisili di singapur kayak ferdi, gori n aries... nah besoknya gua baru pegi ke rumah sakit buat nge upgrade idung gua ini...

Gua pergi ke rumah sakit di sg yang namanya NUH ato kepanjangan dari National University Hospital... dari hari sebelomnya temen gua si aries udah ngomong "Buset ke NUH...??? masa lo mau diperiksa ma mahasiswa kedokteran gitu...???"
Mmm... jujur semaleman itu gua jadi kepikiran... mahluk apa yang bakal meriksa gua... tapi akhirnya gua pasrah aja terima nasib... T_T
Nyampe disana gua masuk ke klinik ENT(Ear Nose & Throat, THT lah) yang beda banget ma klinik di indo yang mirip tempat syuting pelm hantu... ni klinik lebih mirip ma lobi hotel yg bersih n adem banget... akhirnya gua masuk ruang periksa... ternyata gua emang ga diperiksa ma mahasiswa goblok yang baru2 blajar... gua dapet dokter cewek yang namanya dokter Lynn Lim yg punya gelar harvard, NUH, dll... ah gua selamet gak jadi kelinci percobaan kayaknya...

Kaya yang gua udah sering alamin di pemeriksaan dulu2... idung gua pertama di semprot2 pake cairan yang baunya mirip karbol buat ngepel n dicolok pake endoskop... akhirnya si dokter bilang kalo yang jadi masalah di idung gua tuh ada dua...
1. Selaput gua bengkak segede perutnya polar...
2. Tulang idung gua bengkok kayak punggungnya polar...
jadi kesimpulannya Polar adalah biang masalah yang harus dihapuskan dari dunia ini... hehehe...

Akhirnya si dokter ngasi penjelasan bahwa kalo di operasipun ni operasi kecil tapi nyuruh gua ma nyokap buat mikir2 dolo... gak tau apa yang ada di otak gua ma nyokap, kita berdua bilang kalo gua pengen di operasi besok... si dokterpun kaget n langsung sakit jantung udah gitu mati...
-_- nggak lah...

Akhirnya gua dapet jadwal operasi jam 1 siang besoknya n buat siap2 operasi ada brapa hal yang harus gua lakuin... gua ga boleh minum minuman yang mengandung susu ato alkohol lewat jam 12 malem itu n gua harus bangun jam 6 pagi buat makan 2 potong roti n ga boleh makan lagi sampe operasi... besoknya seudah gua lakuin smua pantangan2 itu gua ma nyokap cabut dengan santainya ke NUH buat siap2 operasi...
Gua disuruh tidur2an dulu di day surgery center disono n dijelasin prosedur operasinya... gak lama gua disuruh bugil n ganti baju pake kolor kertas ma baju operasi yang lebih mirip celemek kedodoran n guapun masuk ruang operasi...

Di ruang operasi gua udah ditunggu ma brapa orang yang udah make baju ala2 film E.R. n disuruh tiduran di meja operasi gak lama kesalahan gua milih RS universitas terbukti... pas gua dipasangin alat infus disono ada satu orang dokter yang kliatannya dokter senior n satu mahasiswa kedokteran gitu... si dokter senior nyuruh si mahasiswa masang infus di tangan gua... gua cuma bisa bedoa doank n berharap tuh infus gak salah colok masuk ke pantat gua... 5 menit tangan gua ditusuk2
...
...
...
Crott... infus masuk... darah dari tangan gua bucat kemana2... babi... sekali lagi gua berdoa lebih khidmat... berharap tuh mahasiswa kejatohan lampu operasi... akhirnya gua dikasih oksigen2 gitu buat di anestesi n dalem itungan detik gua udah gak sadar...

bangun2 gua gak tau ada dimana yang gua tau gua tuh ngerasa aus banget... lo bayangin aja... selama operasi 2 jam itu gua ga bisa napas dari idung n jadinya gua napas dari mulut, apalage sebelomnya dari jam 6 pagi gua gak minum setegukpun... gimana kgak aus...??? gua cuma dikasi minum 2 teguk udah gitu dibawa ke kamar buat rawat inep... abis gua operasi... idung gua dipasangin "pack" ato semacem ganjelan berupa kapas supaya darah di idung gua gak ngucur kayak keran n tulang idung gua lurus... gua gak tau tuh kapas gedenya segimana, tapi alhasil gua masih gak bisa napas pake idung jadilah gua masih napas pake mulut n bikin tambah aus... gua udah bete banget gara2 masih belom bisa minum kalo belom ada ijin dari dokter n udah sejam dokternya kagak datang juga... di kasur gua kesel abis n kayaknya gara2 di idung gua masih ada luka n kalo marah darah naek ke kepala... gua mimisan... cacat...

Akhirnya gua di rawat inap selama 2 ari disono... n selama 2 ari itu pack itu dipasang di idung gua... so selama 2 ari gua harus mangap2 terus napas dari mulut... T_T lo jangan sampe ngalamin hal ini... gak enak banget... di idung gua tuh dipasang 3 macem pack... 1 pasang kapas gede, 1 pasang kapas kecil n 1 pasang holder plastik... sehari seudah gua operasi si dokter ngelepas kapas gede yang ada di idung gua... gua sebenernya pingin tau segede apa seh barang yang masuk ke idung gua itu n minta nyokap gua buat liatin segede apa kapasnya... sumpah pas dicabut sakit banget... mungkin rasanya kayak gua lagi ngelahirin polar pas bayi dari idung... hmmm... ada yang mau nyoba...???
Pas udah beres sekitar 15 menit gua mimisan non stop... n pas beres gua nanya nyokap segede apa kapasnya... tapi nyokap gua bilang dia ga jadi liat... takut pingsan katanya...
...
...
...
-_____-
cacat...

Seudah tu kapas dicabut ternyata gua masih belom bisa napas dari idung juga... jadilah gua nambah 24 jam lagi mangap2... besoknya ada semacem dokter trainee gitu datang ke kamar gua n mo nyabut kapas kecilnya langsung disana... akhirnya ga lama dia ngambil pinset n nyabut packnya dari idung gua...
seinget gua pack gedenya udah dicabut n tinggal sisa pack kecil di idung gua... ternyata yang dibilang kapas kecil ma si dokter tuh gedenya segede jari telunjuk orang n panjangnya 2x jari telunjuk... mampus...
-_________________________-

akhirnya hari itu gua dibolehin pulang n dibilangin kalo nyabut pack terakhirnya tuh hari senen... ato tepatnya besok siang... n pas pulang gua dipesenin buat banyak2 minum ato makan yang dingin2 biar pendarahan gua cepet berenti... akhirnya sampe hotel guapun nyuruh nyokap gua pegi buat jalan2 n gua pegi ke 7/11 yang ada di sebelah hotel gua buat beli es krim... di kamar dengan pikiran supaya gua cepet sembuh... gua makan 8 biji conello mini rasa coklat n vanilla...!!!
Alhasil besoknya pendarahan gua langsung berenti tapi gua jadi sakit tenggorokan sampe sekarang... -_-
Gua gak mau lagi yang namanya operasi2...

No comments:

Post a Comment